KUMPULAN HADIST



"Wanita adalah belahan separo (yang sama) dengan pria." (HR Abu Dawus & Ahmadi)

"Jihad nya kaum wanita adalah haji dan umroh."(HR Ahmad)

"Diperlihatkan kepadaku neraka kebanyakan penghuninya kaum wanita karena kekufuran mereka. Para sahabat bertanya, 'apakah mereka kufur kepada Allah ?' Nabi SAW menjawab, 'mereka mengkufuri pergaulan dan kebajikan. Apabila kamu berbuat ihsan kepada seorang dari mereka sepanjang umur lalu dia mengalami sesuatu yang tidak menyenangkannya, dia akan berkata 'kamu belum pernah berbuat baik kepadaku."(HR Al Bukhari)

"Rasulullah SAW melarang kami memasuki rumah wanita yang suaminya sedang tidak ada di rumah (sedang ke luar atau berpergian)" (HR Ahmad)

"Janganlah seorang lelaki bermalam di rumah seorang janda kecuali sudah dinikahinya atau dia mahramnya." (HR Muslim)

"Tiada aku meninggalkan suatu fitnah sesudahku lebih berbahaya terhadap kaum pria daripada godaan wanita." (HR Al Bukhari & Muslim)

"Janganlah seorang laki2 berduaan dengan perempuan (bukan mahram) karena yang ketiganya adalah setan."(HR Abu Dawud)

"Apabila seseorang dari kamu tertarik melihat seorang perempuan dan terkesan dalam hatinya, maka hendaklah menggauli istrinya sendiri karena hal itu akan meredam gejolak dan gangguan dalam dirinya."(HR Muslim)

"Sesungguhnya Allah Ta'ala tidak memandang postur tubuhmu dan tidak pula pada kedudukan maupun harta kekayaanmu, tetapi Allah memandang pada hatimu. Barangsiapa memiliki hati yang shaleh maka Allah menyukainya. Bani Adam yang paling dicintai Allah ialah yang paling bertakwa." (HR. Ath-Thabrani dan Muslim)



"Allah menguji hambaNya dengan menimpakan musibah sebagaimana seseorang menguji kemurnian emas dengan api. Ada yang keluar emas murni. itulah yang dilindungi Allah dari keragu-raguan. Ada juga yang kurang dari itu mutunya, dan itulah yang selalu ragu2. Ada yang keluar seperti emas hitam dan itu yang memang ditimpa musibah."(HR Athabrani)



"Barang siapa dikehendaki Allah kebaikan baginya maka dia akan diuji dengan suatu musibah."(HR AlBukhori)


"Maafkanlah orang yang murah hati. Sesungguhnya Allah menuntun tangannya jika dia terpeleset.Seorang pemurah hati dekat kepada Allah, dekat kepada manusia dan dekat kepada surga. Seorang yang bodoh tapi murah hati lebih disukai Allah daripada seorang alim yang kikir".(HR Athabrani)


"Kepada Rasulullah Saw disarankan agar mengutuk orang2 yang musyrik, tetapi Belaiu menjawab,"Aku tidak di utus untuk mengutuk, tetapi seseungguhnya aku diutus sebagai pembawa rahmat."(HR Al Bukhori Muslim)


Hendaklah kamu selalu benar. Sesungguhnya kebenaran membawa kepada kebajikan dan kebajikan membawa ke surga.Selama seseorang benar dan selalu memilih kebenaran dia tercatat di sisi Allah seorang yang benar. Hati2lah terhadap dusta. Sesungguhnya dusta membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa ke neraka. Selama seorang dusta dan selalu memilih dusta dia tercatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta.(HR Bukhori)


"Maukah aku beritahu amalanmu yang terbaik, yang paling tinggi dalam derajatmu, paling bersih di sisi Robbmu serta lebih baik dari menerima emas dan perak dan lebih baik bagimu daripada berperang dengan musuhmu yang kamu potong lehernya atau mereka memotong lehermu? Para sahabat lalu menjawab, "Ya." Nabi Saw berkata,"Zikrullah." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)


"Jauhilah dosa-dosa yang dianggap kecil, karena sesungguhnya dosa-dosa itu bila berkumpul pada seorang hamba maka akan membinasakannya." (HR. Ahmad)


"Seorang sahabat datang kepada Nabi Saw dan bertanya, "Ya Rasulullah, tunjukkan kepadaku suatu amalan yang bila aku amalkan niscaya aku akan dicintai Allah dan manusia." Rasulullah Saw menjawab, "Hiduplah di dunia dengan berzuhud (bersahaja) maka kamu akan dicintai Allah, dan jangan tamak terhadap apa yang ada di tangan manusia, niscaya kamu akan disenangi manusia." (HR. Ibnu Majah).


"Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat nanti sebelum ditanya tentang empat perkara : Tentang umurnya, untuk apa ia habiskan. Tentang ilmunya,apa saja yang ia lakukan. Tentang hartanya,darimana ia mendapatkannya dan digunakan untuk apa saja dan Tentang jasadnya, dikorbankan untuk apa saja." (HR. at-Tirmidzi [2417] dan HR. Muslim)


"Orang yang belas kasihan akan dikasihi Arrahman (Yang Maha Pengasih), karena itu kasih sayangilah yang di muka bumi, niscaya kamu dikasih-sayangi mereka yang di langit." (HR. Bukhari)


"Demi yang jiwaku dalam genggamanNya. Kamu tidak dapat masuk surga kecuali harus beriman dan tidak beriman kecuali harus saling menyayangi. Maukah aku tunjukkan sesuatu bila kamu lakukan niscaya kamu saling berkasih sayang? Sebarkan salam di antara kamu." (HR. Muslim)


"Harta yang dizakati tidak akan berkurang." (HR Muslim)



"Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya." (HR. Bukhari).

"Maafkanlah orang yang murah hati. Sesungguhnya Allah menuntun tangannya jika dia terpeleset.Seorang pemurah hati dekat kepada Allah, dekat kepada manusia dan dekat kepada surga. Seorang yang bodoh tapi murah hati lebih disukai Allah daripada seorang alim yang kikir".(HR Athabrani)


"Malaikat Jibril datang kepada Nabi Saw, lalu berkata.'Hai Muhammad, hiduplah sesukamu namun engkau pasti mati, berbuatlah sesukamu namun engkau pasti akan diganjar, dan cintailah siapa yang engkau suka namun pasti engkau akan berpisah dengannya.Ketahuilah, kemuliaan seorang mukmin tergantung shalat malamnya dan kehormatannya tergantung dari ketidakbutuhannya kepada orang lain."(HR Athabrani)


Dari Abu Sa'id al-Khudri RA. dari Nabi SAW bersabda
ما من مسلم يد عو بدعوة ليس قيها إثم, ولا قطيعة رحم، إلا أعطا ه الله بها إحدى ثلاث : إما أن يعجل له دعوته،
وإما أن يد خر ها له قي الآخرة، وإما أن يصرف عنه من السوء مثلها. قالوا : إذا نكثرز قال: الله أكثر

"Tidaklah seorang muslim mmanjatkan suatu doa yang tidak mengandung dosa dan tidak pula mengandung pemutusan silaturohim, melainkan Allah pasti mengabulkannya dengan salah satu dari tiga cara:
mengabulkan doanya dengan segera, atau menjadikannya sebagai tabungan di akhirat, atau menjauhkannya dari keburukan sebanding dengan permohonannya itu."
Mereka berkata(para sahabat),"kalu begitu, maka kami akan memperbanyak doa
Beliau bersabda , :Karunia Allah lebih banyak lagi."
diriwayatkan oleh Ahma, al-Bazzar, dan Abu Ya'la serta al-Hakim